Sunday, July 31, 2016

Renungan Harian Seri Ulangan Pasal 18

Ulangan
PASAL 18

Providensia Tuhan dan arahanNya

Providensia Tuhan = Pemeliharaan Tuhan
Kalau kita mau jujur dari hari ke sehari pemeliharaan Tuhan itu sempurna :
# Udara – oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia tersedia dengan gratis
# Sinar matahari untuk kelangsungan, ekosistem dunia, TIDAK pernah terlambat terbit di pagi hari
# 2-4 musim terus berlangsung di seluruh belahan bumi dengan tanpa kontrol manusia
# Terhadap kaum yang lemah anak-anak Panti asuhan, para janda, fakir miskin, orang-orang gelandangan dengan standard hidup di bawah tetapi mereka kuat, sehat

Ulangan 18 : 1-8 Kebutuhan Kaum Lewi
Disini Tuhan menyatakan secara khusus terhadap orang-orang Lewi, bahwasanya orang-orang pilihan Tuhan untuk melayaniNya (di bait Allah) TIDAK pernah Tuhan lupakan akan kebutuhan sandang, pangan, papan

ARAHAN / Tuntunan kedepan (ay. 9-22)
Bagi setiap manusia kebutuhan sebuah ARAHAN kedepan sesungguhnya, TIDAK KALAH dengan kebutuhan jasmani (sandang, pangan, papan)
Ini SUDAH dibuktikan disetiap awal tahun, orang-orang mencari tau bagaimana dengan kehidupan di tahun ini. Bahkan tidak jarang harus membayar mahal untuk pergi peramal, petenung, penelaah, pada arwah-arwah / roh peramal guna untuk memperoleh petunjuk (ay. 10b-11) Hal ini hingga kinipun tetap ada, tetapi Tuhan berkata “itu KEKEJIAN bagiku dan engkau TIDAK diijinkan oleh Tuhan melakukan yang demikian” (ay. 12-14)
Disini Tuhan memberikan SOLUSI yaitu Tuhan sediakan / kirim seorang NABI (ay. 15)

Siapakah Nabi ini? (ay. 18-19)
Seorang yang dipilih Tuhan untuk “menyampaikan segala yang Kuperintahkan kepadanya”. Seseorang penyambung lidah yang menyampaikan apa yang menjadi kehendak Tuhan untuk dilaksanakan contoh Abraham, Musa, Samuel, Natan dimasa Daud, Yohanes Pembaptis, Paulus, Yesus. Sekarang banyak nabi-nabi Tuhan di zaman ini
Berita Arahan / Nubuatan Tuhan bisa untuk saat ini, untuk kedepan, untuk yang akan datang. Untuk ini ujilah setiap perkataan / nubuatan yang datang dalam hidupmu (ay. 21-22, I Tesalonika 5 : 19-21, I Yohanes 4 : 1) sebagai pertimbangan.

Ketika kebutuhan finansial sedang menuntut, mengejar, mencekingmu jangan lari kepada manusia kejarlah Tuhan, mintalah Tuhan buka jalan dalam hidupmu, carilah solusi dari Tuhan untuk dalam seluruh kebutuhan dan bisnismu.
Ketika membutuhkan arahan kedepan, jangan hatimu tergesa-gesa jadilah teduh di dalam Tuhan walaupun diluar bagai topan mengamuk tetapi jiwa dan rohmu tetap aman di dalam Tuhan, karena sungguh Tuhan kita Yesus Kristus pasti dan mampu untuk diandalkan.
Diatas semuanya, milikilah hubungan yang intim dengan Tuhan, UTAMAkanlah DIA diatas segalanya. Maka Tuhan sendiri yang akan memberikan arahan dan tuntunan dalam hidupmu.
BerAKARlah di dalam Tuhan, kenali KARAKTER Tuhanmu dan firmanNya, karena arahan banyak berkaitan dengan 2 hal ini. Bertumbuhlah di dalam Tuhan, milikilah karakter-karakter Kristus ini yang membuatmu kuat dalam pertumbuhan hingga menuju BUAH yang manis dan matang.

Have a nice day!

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D