Sunday, June 12, 2016

Renungan Harian Seri Bilangan Pasal 18

Bilangan
PASAL 18

IMAM, Suku Lewi dan Upah
Apakah anda seorang Imam? Pelayan Tuhan? Apakah anda melayani Tuhan hari ini?

Disini Tuhan Allah berbicara khusus dengan Harun
  • Tanggung jawab Imam melayani di tempat Maha Kudus dan Mezbah (Harun dan anak-anaknya)
  • Tanggung jawab suku Lewi melayani Kemah seluruh pertemuan, seluruh perkakas dan melengkapi pelayanan IMAM (ay. 2-4,6)
  • Upah Imam / Suku Lewi masing-masing sesuai perintah Tuhan (ay. 8-32)

Tuhan mau Harun bisa memimpin dengan benar seluruh anak-anaknya dan seluruh suku Lewi Tuhan berkata “agar saudara-saudara mu … suku bapa … menggabungkan diri kepadamu” Karena masalah sering muncul dari suku Lewi sendiri (Pasal 12,14,16) harus mampu mengkoordiner, membagi tugas, mengevaluasi seluruh pelayanan di kemah suci. Ini masalah muncul dari DALAM bukan dari luar.

Tuhan Allah sendiri memberikan UPAH atas Imam dan suku Lewi “semua persembahan kudus, yang khusus, segala yang erbaik yang dipersembahkan kepada Tuhan dari orang-orang Israel Kuberikan kepadamu dan anak-anakmu” (ay. 18-19). UPAH yang sempurna dari pengaturan Tuhan.
Di dalam dunia sekuler, selaris seorang pekerja sangat diperhitungkan tetapi Tuhan kita Yesus Kristus jauh lebih memperhatikan hamba-hambaNya yang melayani di Kemah Suci dan mezbahNya.

Imam dan suku Lewi TIDAK mendapat milik pusaka di tengah-tengah umat Israel dan perpuluhan menjadi milik pusaka bani Lewi (ay. 20-21).

Seorang hamba Tuhan juga HARUS memberikan perpuluhan kepada Tuhan (ay. 26)

Semakin membaca 5 kitab Perjanjian Lama, semakin kagum dengan Tuhan pencipta kita, pengaturanNya sempurna, rinci dan tak terkira. Kami bangga sekali memiliki Tuhan yang besar, Maha Kuasa, Maha Sempurna. Love you Jesus!

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D