Tuesday, July 12, 2016

Renungan Harian Seri Ulangan Pasal 5

Ulangan
PASAL 5

Sikap yang benar terhadap Ketetapan Tuhan

Setiap ketetapan / peraturan / Hukum Tuhan ketika diperhadapkan pada Umat Israel, pasti kita akan merasa tidak nyaman karena rasa kebebasan kita berkurang, rasa kepentingan pribadi berkuran, dll. Berawal dari tidak ada hukum, beranjak dari kondisi liar (umat Israel 400 tahun hidup semau gue) kemudian diberi batasan berupa hukum, so pasti terasa sakit, tidak bisa terima, keinginan berontak. Misalnya jangan mendekat di gunung Tuhan, harus makan manna yang kelezatannya sedikit berkurang daripada daging BBQ, 10 Hukum Allah. Waoow, maka penguasaan diri sedang Tuhan kerjakan tetapi ketika kita mau jujur dengan diri sendiri maka ‘Ketertiban, keteraturan, kebersihan, kebaikan bersama..’ menjadi dambaan setiap kita dan anda PASTI akan berkata “untuk waktu itu saya mau belajar hidup tertib”, karena hasilnya sekarang bisa saya nikmati.
Apakah anda pernah ke Singapore? Anda senang ke Singapore? Mengapa?
Karena negara yang tertib, masyarakat ada tingkat disiplin diri yang tinggi, seluruh fasilitas umum dijaga baik demi kenyamanan bersama. Semua bermula dari peraturan hukum yang berlaku di negara ini.

  1. Hargai dan hormati setiap peraturan, hukum yang ada dihadapanmu
10 Hukum Allah (ay. 1-22)
Dengan kita menghargai dan menghormati hukum ini, sesungguhnya anda sedang diasah menuju serupa dengan Kristus, diperbaharui, dibentuk untuk lebih tertib dan teratur
  1. Tuhan tidak jadika kita robot
Free will tetap kita miliki, tetapi merdeka di dalam Tuhan (Galatia 5 : 1)
Dan kebesaranNya justru Tuhan nyatakan dalam “kemuliaanNya, suaraNya, dalam bentuk api, awan, gelap gulita” dan umat Israel tetap hidup (ay. 23-24)
  1. Beberapa gaya hidup yang Tuhan berkenan
Mendekatlah untuk mendengarkan tuntunanNya (ay. 27a)
Hidup bergaul intim dengan Tuhan
Hidup takut akan Tuhan (ay. 29) hormat dan segan terhadap Tuhan Allah
Lakukan dengan setia seperti yang diperintahakan kepadamu (ay. 32-33)

“Sesungguhnya Tuhan membalas padamu sesuai dengan sikap hidupmu. Karena itu haruslah kamu jalani segala perintah Tuhan dengan setia, supaya kamu hidup dan baik keadaanmu serta lanjut umurmu di negeri yang akan kamu duduki.”

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D