Thursday, July 21, 2016

Renungan Harian Seri Ulangan Pasal 10

Ulangan
PASAL 10

Akulah Tuhan diatas tuan Allah diatas segala allah

Hukum Allah dibuat (Keluaran 20 : 1-17) tetapi karena kasus lembu emas (Keluaran 32)  sempat hancur. Kemudian atas Perintah Tuhan (ay. 1), kembali Musa naik ke gunung Tuhan 40 hari 40 malam lamanya dengan meminta agar Tuhan tidak memusnahkan umatNya (ay. 25-26), minta Tuhan ingat janjiNya pada Abraham, Ishak, Yakub (9 : 27). Nama Tuhan jangan sampai menjadi bahan ejekan diantara bangsa-bangsa (9 : 29). Seluruh kisah 10 hukum Tuhan selesai dengan baik dan tempat tabut Allah dimana 2 batu loh disimpan.

Beberapa karakteristik Tuhan Allah kita :
  • Sesungguhnya, TUHAN Allahmu lah yang empunya langit, langit yang mengatasi segala langit dan bumi dengan segala isinya (ay. 14)
Sungguh kami bangga memiliki Engkau Tuhanku
  • Tuhan Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan (ay. 17a)
Sesungguhnya Tuhan Allah kita ini TIADA tandingannya, HANYA 1 yaitu TUhan yang ESA (Ulangan 6 : 4)
  • Tuhan Allah yang BESAR, kuat dan dahsyat, yang TIDAK memandang bulu ataupun menerima suap (ay. 17b)
Dengan kata lain allah lain bisa diajak kompromi / disuap, entah berupa tumbal, jiwa seseorang, dll. Tetapi di dalam Tuhan kita Yesus Kristus TIDAK laku, nggak payu, nggak ada namanya suap / perlakuan khusus oleh karena anda memberi may be 10 milliar pada Tuhan. Agar dosamu diampuni, agar bisnismu jadi lancar, tambah kaya, what ever lah.

Jadi disini Tuhan minta kepadamu :
  1. Hidup takut akan Tuhan (ay. 12a) bukan ketakutan pada Tuhan tetapi pada tingkat kesadaran bahwasanya kita layak memberikan hormat, segan, respect kepada Tuhan Allah yang maha tahu baik anda seorang diri / didalam keramaian kalayak, jadilah DIRImu sendiri yang transparan keluar dan kedalam
  2. Hiduplah TAAT = mendengar dan melakukan menurut segala jalan yang ditunjukkanNya (ay. 12b)
  3. Kasihilah Tuhan Allah dengan segenap hidupmu, hati, jiwa, akal budi (ay. 12)
  4. Kasihi sesama manusia seperti dirimu sendiri (ay. 18)
  5. Tuhan menjadi kePUJIANmu (ay. 21)

Biarlah jiwaku berkata “Pujilah TUHAN Allahku, Engkau sangat besar! Engkau yang berpakaian keagungan dan semarak. Aku hendak menyanyi bagi TUHAN selama aku hidup, aku hendak bermazmur bagi Allahku selagi aku ada. Biarlah renunganku manis kedengaran kepadaNya! Aku hendak bersukacita karena TUHAN” Mazmur 104

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D