Saturday, February 27, 2016

Renungan Harian Seri Keluaran Pasal 28

Keluaran
PASAL 28



Dalam Keluaran pasal 28 ini membahas mengenai pakaian Imam di dalam Bait Suci. Imam itu apa sih? Tugasnya di dalam Bait Suci apa? Mengapa harus dibuatkan pakaian khusus?
Imam merupakan suatu jabatan penting dalam umat Israel. Imam yang bertugas mempersembahkan korban, mengadakan doa syafaat dan member berkat. Jadi, Imam disini mewakili manusia (umat Israel) dihadapan Allah dan ia mewakili Tuhan Allah untuk menyampaikan isi hati Tuhan dan memberkati umat Israel. Wah, ternyata penting sekali ya seorang imam itu!
Imam ini Tuhan Allah yang memilih dan menetapkan yaitu Harun dan anak-anaknya (ay. 1-4). Pakaian Imam ini dirancang secara khusus dengan beberapa pemahaman :
  • Yang membuat adalah seorang yantg ahli, yang telah Kupenuhi dengan roh keahlian (ay. 3). Jadi rancangan pakaian Imam dari Tuhan dan dikerjakan oleh seorang yang dipenuhi inspirasi Tuhan
  • Tujuan pakaian ini agar Imam ini dikuduskan lewat jubah yang dipakai (ay. 2-4 menyebutkan ‘pakaian kudus, untuk menguduskan’ yang merupakan konsep Perjanjian Lama)
  • Bahannya khusus mewakili raja-raja dimasa itu (emas, kain ungu tua-muda, lenen halus) jadi Imam berdiri di hadapan Tuhan dan melayani raja segala raja di Kemah Suci, Ruang Kudus dan Ruang Mahakudus
  • Efod adalah baju imam yang di dalam tutup dadanya ditaruh Umim & Tummim (batu-batu pernyataan keputusan) yang dipergunakan dalam usaha mencari tahu kehendak Tuhan (1 Samuel 14 : 3,18)
  • Tutup bahu dan tutup dada
    • Tutup bahu (ay. 9-12) dengan 2 batu mengukir nama 12 suku bangsa Israel. Artinya beban umat selalu ada di bahu / pundak Imam, dengan selalu mendoakan umat Israel dihadapan Tuhan. Menjadi pengantara manusia dengan Allah.
  • Tutup dada dengan 12 batu pilihan dan nama masing-masing suku bangsa Israel (ay. 15-29) yang berarti 12 suku bangsa Israel selalu ada di hati Imam dan Tuhan bisa langsung berkomunikasi.
  • Urim & Tummim merupakan batu-batu pernyataan keputusan (ini dipergunakan dalam usaha mencari tau kehendak Tuhan), digantung diatas jantung artinya agar pernyataan keputusan Tuhan TIDAK salah
  • Gamis (ay. 31-35) bagian dari baju Efod yang dipakai tepat di leher dan ini ada bunyi-bunyian sehingga ketika imam masuk ke Ruang Mahakudus dan mati didalamnya dapat ditarik keluar
  • Patam (ay. 37-38) serban di dahi Imam. Imam yang menyelenggarakan korban bakaran menanggung segala kesalahan yang dikuduskan oleh orang Israel

Kita mengerti untuk datang beribadah kepada Tuhan demikian sulit dengan peraturan, korban, imam, dll. Hari ini ketika kita bisa langsung datang dihadapan Tuhan lewat kematian Yesus di kayu salib bagimanakah sikap kita ketika bertemu Dia? Apakah ada kerinduan, rasa haus dan lapar ketika datang beribadah di gereja? Jangan sia-siakan pengorbanan Yesus buat anda dan saya.

“Datanglah beribadah dengan tujuan menyenangkan hati Tuhan
dengan sukacita dan ucapan syukur”


Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

1 comment:

Please kindly comment at this place :D