Friday, July 22, 2016

Renungan Harian Seri Ulangan Pasal 11

Ulangan
PASAL 11

Be Wise

Waktu TIDAK pernah menunggu, waktu tidak mau tahu apa kondisimu, waktu selalu maju kedepan. Lamanya anda menjadi Umat Tebusan Tuhan (orang Kristen) jangan sampai membuat kita terlena dengan enaknya mengali di dalam waktu tanpa menghasilkan sesuatu. Tanda ada perubahan dalam iman kekristenanmu, tanpa ada tantangan kedepan, ini HARUS dipertanyakan.
Ulangan 11 : 1-7 mengingatkan “Kamu TAHU sekarang—kukatakan bukan kepada anak-anakmu, yang TIDAK mengenal dan TIDAK melihat hajaran TUHAN Allahmu kebesaranNya, tanganNya yang kuat dan lenganNya yang teracung”.
Anda dan saya bukanlah anak-anak ingusan yang baru kenal Tuhan, yang hanya mau yang gampang-gampang, cepet selesai, yang enak aja. Tetapi udah WAKTU nya anda dan saya bisa makan makanan yang keras, yang sulit, yang butuh lebih kuat, lebih tekun dan TIDAK mudah patah. Sebab ayat 7, matamu sendirilah yang telah melihat segala perbuatan besar yang dilakukan TUHAN. Jadi SEKARANG tinggal pilih bagi hidupmu taat / tidak taat, berkat / kutuk (ay. 8-32).

Kitab Ulangan ini banyak mengkisahkan kembali bagaimana Karya kebesaranNya dan Allah yang sempurna. Disisi lain Tuhan Allah sedang menanamkan nilai-nilai pengagungan, pemujaan, terpesoda kepada kebesaranNya tetapi penuh kasih dan pengertian kepada anak-anak yang MAU HIDUP TAAT kepadaNya.

Selalu Tuhan awali “Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu hari ini …” dan “Kamu mengasihi TUHAN Allahmu dan beribadah kepadaNya dengan segenap hatimu dan jiwamu …”
Berkat SELALU datang diawali dengan keTAATan penuh (ay. 8-12)
  1. Supaya kamu KUAT untuk memasuki dan menduduki negerinya, disini BUTUH kekuatan Tuhan dalam meraih janji-janji Tuhan
  2. Supaya lanjut umur di tanah yang dijanjikan yaitu dapat menikmati berlimpah-limpah susu dan madunya, bukankah ini yang menjadi kerinduan kita semua yang pada akhirnya dapat menikmati seluruh jerih lelah kita? Menikmati gunung-gunung, lembah-lembah air melimpah
MATA Tuhan mengawasi sepanjang tahun (ay. 11-12)

Berkat SELALU datang diawali dengan keTAATan penuh (ay. 13-21)
  1. Hujan awal dan hujan akhir – memberikan hasil panen bagi tanamanmu (gandum, anggur, minyak dan rumput) ay. 14-15
  2. Kita bisa makan dan menjadi kenyang (ay. 15b), ternyata untuk bisa makan dan kenyang itu merupakan Anugerah Tuhan karena sudah dibuktikan banyak orang hanya bisa melihat enaknya makanan tetapi TIDAK BOLEH makan karena kondisi kesehatan
  3. Berkat HARUS diajarkan kepada anak-anak agar kelak dengan bijaksana menjalankan semua kekayaan yang Tuhan titipkan (ay. 16-17,18-21)

Berkat SELALU datang diawali dengan keTAATan penuh (ay. 22-25)
  1. TUHAN akan MENGHALAU segala bangsa ini dari hadapanmu, sehingga kamu MENDUDUKI daerah bangsa-bangsa yang lebih besar dan lebih kuat daripadamu. Inilah yang disebut berkat mujizat Tuhan, nggak bisa dipikir secara akal tetapi nyata ada dihadapan kita.
  2. SETIAP TEMPAT yang diinjak oleh telapak kakimu, kamulah yang akan memilikinya (ay. 24), siapakah kita? Sampai segitunya Tuhan memperlakukan umatNya – Berkat Tanah Perjanjian
  3. TIDA ADA yang dapat bertahan mengahadapi kamu: TUHAN, Allahmu akan membuat seluruh negeri yang kau injak itu menjadi gemetar dan takut kepadamu, seperti yang dijanjikan TUHAN kepadamu (ay. 25)
Hai siapakah kamu sampai segitunya Tuhan memberikan berkat kuasa dan otoritas padamu? LUAR BIASA

Semua berkat ini hanya dapat kita raih dengan “Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, kamu mengasihi TUHAN Allahmu dan beribadah kepadaNya dengan segenap hati dan jiwamu”

Ingat Be Wise in God!

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D