Thursday, July 28, 2016

Renungan Harian Seri Ulangan Pasal 15

Ulangan
PASAL 15

Tahun Pembebasan

Tahun sabat = Tahun pembebasan

# 6 tahun lamanya engkau menaburi ladangmu, pada tahun ke 7 tanah itu HARUS mendapat perhentian sebagai sabat bagi Tuhan (Imamat 25 : 1-4)
# 6 tahun lamanya seseorang berhutang padamu, maka pada akhir 7 tahun engkau HARUS menghapus hutangnya (ay. 1)
# 6 tahun lamanya seorang saudara jadi budakmu, maka pada tahung ke 7 HARUSlah melepaskan dia sebagai orang merdeka

Beberapa nilai-nilai kemanusiaan :
  • Nilai pemerataan antar umat Israel (antar saudara) sehingga TIDAK ADA orang miskin diantaramu kata Tuhan, TIDAK ADA kesenjangan sosial diantara SAUDARAmu (ay. 7-8)
Ini dalam konteks “Saudara” (keluarga sendiri, ada garis keturunan dan persaudaraan) Tuhan ingatkan jangan engkau menegarkan hatimu, jangan engkau menggenggam tanganmu terhadap saudaramu yang miskin, sebaliknya “BUKA tangan LEBAR-LEBAR = memberi pinjaman cukup untuk KEPERLUANnya” (ay. 8)
  • Nilai pembebasan HAK
Perbudakan dari Mesir hingga masuk negeri Kanaan, tetap ada perlakuan yang kurang manusiawi diantara umat Israel, maka Tuhan ingatkan bebaskan mereka sebagai budak-budak yang ada diantaramu, sehingga ia memiliki hak bebas sebagai saudaramu, lepaskan budak dengan bekal yang baik (ay. 14), jangan merasa terpaksa, tidak rela melepaskan sebuah pembebasan hak seorang budak (ay. 28) karena jasa-jasanya upahan

Kemarin kita belajar ada 3 sikap dan pandangan terhadap kekayaan. Seseorang TIDAK akan BERSEDIA memberikan pembebasan utang, pembebasan budak dan tanah / anak sulung ternak, kalau ia TIDAK pernah belajar mengembalikan perpuluhan dahulu kepada Tuhan. Karena sebuah kewajiban aja BELUM mampu dilakukan apa lagi sebuah kerelaan dalam bentuk kebebasan utang.

Janji Tuhan ya dan pasti yaitu asal saja engkau mendengarkan baik-baik suara Tuhan, melakukan dengan setia segenap perintah ini “Tahun Pembebasan” diatas ini maka engkau akan memberikan pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri TIDAK akan meminta pinjaman, engkau akan menguasai banyak bangsa tetapi mereka TIDAK AKAN menguasai engkau (ay. 6)
AMAZING! Ini sudah dibuktikan oleh banyak anak-anak Tuhan, yaitu kalau engkau BERANI take care saudaramu sebangsa dengan tulus dan benar (ay. 9), sesungguhnya Tuhan itu melihat sama seperti anda melihat, hanya beranikah anda dan saya mempercayai Tuhan kita Yesus Kristus dan firmanNya.
Dengan memberikan kebebasan hutang dan kemerdekaan seorang budak, sesungguhnya BERKAT-BERKAT Tuhan sedang susul menyusulmu, sedang menanti-nantikan anda ambil.

“TUHAN Allahmu, akan memberkati engkau dalam SEGALA pekerjaanmu dan dalam SEGALA usahamu”

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D