Wednesday, June 29, 2016

Renungan Harian Seri Bilangan Pasal 32

Bilangan
PASAL 32

Sepakat = sehati ini penting sekali, mungkin terlihat kecil tetapi dampaknya besar baik di dalam keluarga, gereja, organisasi.

Bani Ruben dan Bani Gad ketika melihat tanah Yaezer dan tanah Gilead merupakan tempat yang baik untuk peternak, karena 2 suku ini banyak ternaknya. Maka timbullah dalam hati ini cocok buat kita (ini disebut naluri bisnis yang bergerak dalam kecepatan dan kesempatan).

Kesepakatan umat Israel, 12 suku SUDAH menjadi landasan dasar bergerak menuju tanah Perjanjian – Kanaan, oleh karena itu :
  1. Penundukan diri kepada Pemimpin tetap jadi urutan pertama, bukan keuntungan pribadi (ay. 2-4). Lalu datang mereka pada Musa, Imam Eleazar dan para pemimpin umat. Ini merupakan teladan yang sangat baik.
  2. Kegagalan dapat menjadi GURU terbaik. Dalam AnugerahNya saja kesuksesan kita RAIH (ay. 7-15). Pengalaman 12 suku mengintai negeri Kanaan (40 hari menjadi 40 tahun) sudah cukup, jangan mengulangi kegagalan yang lalu dan jatuh gagal lagi. Ini penting dan baik didalam semua aspek kehidupan anda, baik dunia kerja, jasmani maupun rohani.
  3. SIKAP HATI yang benar dalam pencapaian target (ay. 16-18)
“Mendekatlah mereka” – ada sikap yang baik, ada niat hati yang benar.
“Kami sendiri … kami tidak akan pulang …” beberapa statement yang menunjukan sikap hati yang sangat baik.
Inilah yang ditunggu oleh dunia kita, yaitu orang-orang yang memiliki sikap hati yang benar dalam pencapaian target.
  1. HARUS bersedia bergerak secara korporat (ay. 20-22a)
Bergerak dalam kebersamaan, bergerak dalam kesehatian, bertindak dalam arahan Tuhan, pemimpin tunggal umat Israel. Itulah kemenangan yang pasti kita RAIH! – ay. 22b – 27.
  1. Bani Ruben, Bani Gad, Bani Manasye akhirnya DAPAT yang diharapkan (ay. 28-42). Target tercapai tetap dengan kondisi hati damai, sukacita, dan sepakat.

NB : Bani Ruben, Gad, Manasye adalah suku-suku yang kuat dalam peperangan, tetapi hati yang lembut didalam Tuhan, kesediaan untuk tunduk kepada pemimpin dan sepakat. Hasilnya semua suku diberkati secara korporat.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D