Sunday, June 26, 2016

Renungan Harian Seri Bilangan Pasal 30

Bilangan
PASAL 30

BerNAZAR

Bernazar adalah mengucapkan janji khusus kepada Allah sebagai tanggapan atas pertolonganNya. Mempersembahkan sesuatu sebagai tindakan yang didasarkan pada kepercayaan kepada Allah. Bernazar itu BEDA dengan bersumpah.
Nazar merupakan janji kepada Allah, memberikan jaminan, menjadi respon atas pertolongan atau berkat Allah (Yakub – Kejadian 28 : 20-22, Yefta (Hakim-hakim 11). Nazar dibuat hanya sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan, tanpa mengharapkan sesuatu sebagai balasan, nazar TIDAK diwajibkan tetapi kalau sudah bernazar HARUS ditepati.

Ulangan 23 : 21,23 Apabila engkau bernazar kepada TUHAN, Allahmu, janganlah menunda-nunda memenuhinya, sebab tentulah TUHAN, Allahmu, akan menuntutnya daripadamu, sehingga hal itu menjadi dosa bagimu.
Ay. 23 Apa yang keluar dari bibirmu haruslah kau lakukan dengan setia, sebab dengan sukarela kau nazarkan kepada TUHAN, Allahmu, sesuatu yang kau katakan dengan mulutmu sendiri.

Jadi dalam situasi / kondisi mendesak, HATI-HATI lah dengan setiap ucapanmu, karena itu sifatnya mengikat diri (ay. 2-4) hingga anak perempuan / istri / janda.

Hakim Yefta dalam kondisi akan perang ‘dengan harapan Tuhan memberikan kemenangan maka BERNAZARlah Yefta kepada TUHAN, katanya “Jika Engkau sungguh-sungguh menyerahkan bani Amon itu ke dalam tanganku, maka apa yang keluar dari pintu rumahku untuk menemui aku, pada waktu aku kembali dengan selamat dari bani Amon, itu akan menjadi kepunyaan TUHAN dan aku akan mempersembahkannya sebagai korban bakaran”. Ternyata Tuhan benar-benar memberikan kemenangan pada Yefta. Yang keluar pintu rumahnya yang pertama adalah anak perempuan tunggalnya menyambutnya dengan tarian dan rebana, dan ini juga yang HARUS Yefta berikan kepada Tuhan sebagai korban yang kudus. Seumur hidupnya untuk Tuhan.

“Jagalah setiap perkataanmu karena itu yang menentukan
hari esokmu sukses atau runtuh”

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D