Friday, June 17, 2016

Renungan Harian Seri Bilangan Pasal 22

Bilangan
PASAL 22

Uang membutakan?

Balak, raja Moab dalam kondisi benar-benar sangat gentar, muak dan takut ketika berhadapan dengan umat Israel. Raja-raja atau orang-orang yang kaya selalu ada cara-cara menyingkirkan penghalang-penghalang di depannya degnan gaya serba boleh. Meskipun itu Tuhan berkata “TIDAK” ia akan tetap terjan ASALkan penghalan didepannya tersingkir, terbuang jauh, tidak terlihat lagi di hadapannya. Ini sangat menyedihkan salah satunya yaitu dengan cara menyuap (ay. 7,17,36)

Uang dari jaman ke jaman TIDAK berubah, TIDAK bergeser, menghebohkan, menggiurkan semua kalangan, entah itu pucuk pimpinan sampai kelas teri, semua BISA “asalkan ada UANG”. Ada apakah gerangan?
Bahaya-bayaranya uang :
  • Saudara jadi musuh (sesama Israel)
  • LUPA tujuan utama, menyimpang
  • Menjerat, memungkiri, mengkhianati (Yudas murid Yesus)
  • Membunuh, menyingkirkan
  • Menggiurkan karena kenikmatan dan kemewahan dunia

Apa yang kita pelajari dari sini?
  1. Apakah anda bisa DIBELI dengan uang? Apakah manusia = uang?
Firman Tuhan berkata “Apa gunanya seseorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan / merugikan diri sendiri?” – Lukas 9 : 25.
Di mata Tuhan, anda dan saya MELEBIHI seisi dunia dengan segala kenikmatannya.
  1. Kehormatan, harkat, identitas diri melebihi emas, mobil, uang dan rumah. Namun sesungguhnya nama baik lebih berharga daripada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik daripada perak dan emas. Amsal 22 : 1.
  2. Nilai sorang NABI Tuhan (hamba / pelayan Tuhan) itu berdiri diatas kebenara, menyatakan A adalah A dan B adalah B. Selebihnya urusan Tuhan.
Karena Raja segala raja LAYAK dan PANTAS menerima perlakuan demikian.
  1. Apakah BEDAnya anda dengan orang-orang yang BELUM percaya Yesus yaitu “Anda TIDAK bisa dibeli dengan uang tetapi hanya KEBENARAN”
  2. Nilai seorang manusia melebihi seekor binatan (keledai). Harkatmu, kepandaianmu, talentamu, membawamu pada perkenanan Tuhan BUKAN pada kebodohan dan kesesatan.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D