Friday, June 10, 2016

Renungan Harian Seri Bilangan Pasal 16

Bilangan
PASAL 16

Pemimpin adalah orang yang berpengaruh, memiliki kekuatan untuk menggerakkan masa
3 orang pemimpin :
-      Dari suku Lewi (suku yang dipilih sendiri oleh Tuhan untuk melayaniNya
-      250 orang pemimpin-pemimpin
-      Orang-orang kenamaan (gerakan yang tidak main-main dan berpengaruh)
Mereka memprovokasi masa, menyerang kepemimpinan Musa dan mencoba mengambil alih (ay. 2-3), ini adalah tipe orang-orang di dunia politik.

Kita belajar
  1. Iri hati, persaingan, curiga, haus akan kekuasaan, keserakahan merupakan faktor pemicu pemberontakan. Oleh karena itu JAGALAH hati kita masing-masing karena ini virus yang ganas dan mematikan semua perhubungan.
  2. Tidak seorangpun memiliki kekebalan terhadap pemberontakan (baca kembali Bilangan 14), entah ia seorang biasa, pemimpin bahkan pemimpin rohani.
  3. Biasanya orang yang bersangkutan TIDAK sadar bahwa dirinya seorang pemberontak, karena ketika anda meresponi poin 1 diatas, maka dengan sendirinya anda membuka celah spirit lain berperan. Disini hati nurani, manusia rohmu berPERAN “Ketika anda diingatkan JANGAN dan SEGERA anda meresponi atau sebaliknya anda TIDAK mengerti bahwa ini SINYAL dari Tuhan?”
  4. Sifat memberontak ini cepat menjalar / menular / mengkhamirkan llingkungan (ay. 41). Minta dan belajarlah dari Tuhan “HATI yang TAKUT akan Tuhan” sehingga sikat hati dan respon kita selalu positif, membangun, memulihkan sesama.
  5. Hukuman Tuhan TIDAK kenal belas kasihan (250 keluarga, 14.700 orang mati dalam sekejap, ini orang bukan benda / binatang loh!) tetapi kenyataannya Tuhan tetap bertindak tegas atas orang-orang yang memberontak dan orang-orang yang bersungut-sungut.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D