Monday, June 27, 2016

Renungan Harian Seri Bilangan Pasal 31

Bilangan
PASAL 31

Perang SUCI

Perang melawan orang Midian dianggap perang suci karena Imam Pinehas ditugaskan di luar sebagai Iman bersama para pasukan dengan membawa perkakas tempat kudus dan nafiri-nafiri pemberi tanda semboyan.

Musa yang cukup lansia (27 : 12-13, 31 : 2 = hampir 120 tahun) tetapi masih diberi tugas Tuhan Allah untuk instruksikan perang melawan orang Midian. Ay 3-7a USIA di mata Tuhan bukan masalah tetapi Cinta dan Semangatnya buat Tuhan itu yang diperhitungkan. Rambut putih = mahkota yang indah, yang didapat pada Jalan Kebenaran (Amsal 16 : 31).

Perang Pembalasan dari Tuhan ay. 2 mengapa? Karena orang-orang Midian memakai cara-cara yang licin, licik.
- Bileam (Pasal 22-25)
- Wanita dan baal peor (25 : 17-18)
- Inilah pembalasan Tuhan atas orang-orang Midian, semua yang tercatat orang-orang yang melawan Tuhan dibunuh mati (ay. 8)

Pinehas anak Imam Eleazer dipakai Tuhan untuk kemenangan ini (ay. 6)
Mengapa? Karena di Pasal 25 Pinehas ini disebut Tuhan “seseorang yang begitu giat membela kehormatanKu” – ay. 11-13
Seorang yang berani membayar harga buat Tuhan TIDAK pernah Tuhan lupakan, Tuhan kembali menyebutkan nama Pinehas dalam kemenangannya bersama Tuhan.

Musa gusar karena melihat bahaya yang pernah terjadi oleh wanita-wanita Midia ini, jadi tepatnya semua yang bisa menjatuhkan umat Israel disingkirkan. Hal ini penting terutama buat anak-anak kita kedepannya.

Perang Suci maka jarahan juga dikerjakan secara khusus (ay. 25-54). Terhadap benda-benda jarahan termasuk binatang, wanita cantik, emas, permata, dll sangat diBUTUHkan orang yang lurus dalam mengelolanya bukan dengan hati yang loba.

“Jadilah yang terbaik DIMATA Tuhan dan sesama”

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D