Thursday, July 30, 2020

Renungan Harian Seri 1 Samuel Pasal 23

1 Samuel
PASAL 23

Masa Pelarian Daud 3 – Kebaikan dibalas dikhianati

Kali ini Daud dengan rombongan mendengarkan kabar orang Filistin menyerang Kehila dan menjarah, bertanyalah Daud 2x kepada Tuhan. Dan Tuhan menjawab “Bersiaplah, pergilah ke Kehila sebab Aku akan menyerahkan orang Filistin ke dalam tanganmu”. Daud pun berhasil menyelamatkan Kehila dari tangan orang Filistin
(ay. 5)

  1. Daud yang proaktif
Disini Daud bisa cuek, tidak peduli, tetapi sikap yang diambil yaitu care, peduli akan bangsanya, berani berkorban maju berperang dengan rombongannya. Ingat sikap proaktif tidak menjamin orang lain juga akan berbaik hati kepada kita, tetapi yang pasti Tuhan menyukai sikap pro aktif dari anak-anakNya.
  1. Hati seseorang tidak terprediksi
# Saul mengambil kesempatan untuk menangkap Daud (ay. 7-8)
# Penduduk Kehila justru berpihak kepada Saul karena takut (ay. 12)
# Orang-orang penduduk Zif menjilat terhadap Saul (ay. 19-24a)
Yonatan disini justru mendukung Daud sebagai Raja Israel, pengganti Saul ayahnya (ay. 16-18). Milikilah kepribadian yang tidak bisa dibeli dengan uang selain daripada perintah Tuhan (MUTLAK).
  1. Pembelaan Tuhan itu nyata di setiap musim, SETIAlah (ay. 27-28) tetapi Allah TIDAK menyerahkan Daud kedalam tangan Saul (ay. 14b)

Inilah firmanNya “Aku, TUHAN yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah lakunya, setimpal dengan hasil perbuatannya” Yeremia 17 : 10.
NB : Mazmur 54, ketika orang Zif yang melaporkan Daud kepada Saul
Mazmur 63 dari 1 Samuel 23 : 14

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D