Sunday, July 12, 2020

Renungan Harian Seri 1 Samuel Pasal 14

1 Samuel
PASAL 14

Perjalanan Raja Saul

Saul setelah mendapatkan jabatan sebagai Raja maka ia berperang ke segala penjuru melawan segala musuh Israel. Moab, Amon, Edom, Filistin, Amalek dan SELALU menang! Sip!

Belajar dari kehidupan Yonatan yang merupakan anak Raja Saul dan seorang yang SIAP untuk berperang.
  1. Yonatan yang muda dan berIMAN kepada Tuhan (ay. 6)
Hai engkau orang-orang muda Tuhan mencarimu, Tuhan menunggumu untuk maju dalam gelanggang pertandingan. Dimanakah kamu HAI kaum muda? Tuhan memanggilmu dan menantikanmu.
Bangkitlah hai kaum muda, belajarlah IMAN dari Yonatan “Bagi TUHAN TIDAK SUKAR untuk menolong, baik dengan banyak orang / dengan sedikit orang” (ay. 6)
  1. Yonatan memahami arti mujizat-mujizat Tuhan (ay. 8-10)
Tuhan bertindak TIDAK dengan teori, melainkan dengan pola karya Tuhan yang amazing, always fleksibel. Dalam semua keadaan Tuhan yang mengendalikannya. Jadi cukup PERCAYA SAJA, Dia yang bertindak (ay. 14-16, 19-23)
  1. Belajar menghargai dan tenggang rasa dengan sesama (ay. 24-35)
Mengapa ketika muda, tenggang rasa dan sabar mudah mengalir keluar lewat hidup kita, tetapi ketika kesuksesan dan kejayaan melingkupi kita maka rasa menghormati sesama dan tenggang rasa ini hilang sirna dalam kehidupan kita, benarkah demikian?
Ternyata menghargai dan tenggang rasa terhadap sesama merupakan salah satu pelajaran utama sepanjang umur hidup kita.
  1. Tuhan selalu meminta pertanggungjawaban kepada pemimpin (Raja) bukan kepada rakyat / pengikut / karyawan (ay. 37-45) karena hal ini merupakan prinsip dasar. Tanggung jawab pribadi HARUS ditanamkan sejak dini (masa anak-anak, sejak ia belajar menerima tugas).
Ketika engkau mau menjadi pemimpin, maka engkau HARUS menerima tanggung jawab di pundakmu. Belajar menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan baik.

Semoga pelajaran hari ini dapat menjadi berkat dalam hidup kita semua. Amin!

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D