Thursday, July 16, 2020

Renungan Harian Seri 1 Samuel Pasal 16

1 Samuel
PASAL 16

Daud yang dipilih

Setiap rencana Tuhan selalu diawali dengan mempersiapkan personil nya, mengapa?
  1. Untuk lebih mengenal Tuhan secara dekat, mengenal suaranya, mengerti karakteristik Tuhan.
  2. Roh Tuhan tinggal dalam hidup Daud (ay. 13), hal ini penting sekali agar kita bisa memahami setiap rancangan-rancangan Tuhan dan kehendakNya serta arahan-arahan spesial dari Tuhan.
  3. Tuhan menyiapkan mentalitas Daud sebagai anakNya, rajaNya dan hambaNya dengan kualitas pribadi yang baik.

Daud sejak muda ada di lapangan, dengan menggembalakan kambing domba ayahnya, hal ini sesuai dengan rancangan Tuhan. Saul sebagai orang berada, karakternya kurang terlatih. Ingat, kekristenan BUKAN instan, tidak ada yang instan semua melalui proses.

Setelah Tuhan menolak Saul, maka rancangan baru muncul yaitu “bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah, manusia melihat apa yang didepan mata, tetapi TUHAN melihat hati”. Maka ada standard baru untuk orang-orang pilihan Tuhan, yaitu hati no 1.
Orang yang menjauh dari Tuhan, yang ditolak Tuhan maka yang mengendalikan hidupnya adalah roh jahat / iblis. Dihadapan Tuhan hanya ada 2 hal, terang / gelap, putih / hitam, ya / tidak.

Daud tau bagaimana menyembah Tuhan dengan kecapinya dan hadirat Tuhan membawa rasa aman, sukacita, perubahan karakter dan gambar diri.
Saul disini justru mengalami kesepian, tertolak, penguasaan dirinya semakin merosot, ini smua karena karya kuasa kejahatan (ay. 23).

Belajarlah menyembah Tuhan dalam roh dan kebenaran, masuk dalam hadirat Tuhan yang memulihkan kehidupan masa lalumu, menyembuhkan manusia batiniahmu.
Belajarlah mendengarkan suara Tuhan dan arahan-arahanNya, seperti Samuel dari kecil hingga lanjut usia tetap mendengarkan suara dan arahan Tuhan. Doa menjadi dialog dan komunikasi dengan Tuhan, bahkan seluruh isi hati Tuhan diceritakan kepada Samuel (Pasal 15 : 10-11).

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D