Friday, July 24, 2020

Renungan Harian Seri 1 Samuel Pasal 20

1 Samuel
PASAL 20

Seorang Sahabat

Dalam perjalanan hidup Daud, ia bertemu dengan Yonatan. Seorang pangeran dan menjadi sahabatnya. Ini merupakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak setiap orang memiliki sahabat.

Diawal pertemuan Daud dan Yonatan, maka Yonatan mengambil inisiatif untuk mengikat perjanjian dengan Daud (Pasal 18 : 3).

Beberapa pemahaman seorang sahabat :
  • Seorang sahabat menaruh kasih SETIAP waktu dan menjadi SAUDARA dalam kesukaran (Amsal 17 : 17)
Ini dibuktikan Yonatan kepada Daud, ia lebih memilih sahabatnya daripada ayahnya (ay. 4, 20-23)
  • Yonatan memberikan jubahnya dan pedangnya (Pasal 18 : 4)
Disini Yonatan juga meminta Daud bersumpkah kelak tetap menjaga keturunannya (ay. 14-17). Ini ikatan persahabatan melebihi keturunan, sama seperti Tuhan menyebut Abraham adalah sahabatNya (Yakobus 2 : 23b).
  • Aku (Yesus) menyebutmu seorang sahabat dan Ia memberikan nyawaNya bagi sahabat-sahabatNya (Yohanes 15 : 15b, 13).
Inilah kasih yang sempurna dari seorang sahabat, yaitu ketika kita dalam kesulitan, jatuh, terbuang, Ia sahabat selalu ADA buat kita.

Inilah akhir kata Yonatan kepada Daud “Pergilah dengan selamat, bukankah kita berdua telah bersumpah demi nama TUHAN, TUHAN akan ADA diantara aku dan engkau serta diantara keturunanku dan keturunanmu sampai selamanya”. (ay. 41-42)

Berbahagialah anda bisa bertemu seorang sahabat dalam perjalanan hidupmu, jangan lupa YESUS adalah SAHABATmu hari ini sampai selama-lamanya.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D