Wednesday, July 8, 2020

Renungan Harian Seri 1 Samuel Pasal 12

1 Samuel
PASAL 12

Kata perpisahan dari Samuel

Setelah pengulangan pelantikan Raja Israel yang pertama, maka Samuel juga minta diri dari bangsanya karena usianya sudah lanjut.

Beberapa kata perpisahan dari Samuel :
  1. Pertanggung jawaban Samuel dihadapan seluruh pemimpin dan umat Israel.
Sebuah teladan hidup yang transparan, tidak mencuri, tidak memeras,  tidak berlaku keras, tidak menyuap / disuap (ay. 3-5).
Kehidupan Samuel menjadi teladan hidup yang dinanti-nantikan hingga saat ini, TETAP kuat, jujur, hidup benar ditengah-tengah masyarakat yang serba rusak dan amoral.
  1. Pengulangan sejarah umat Israel sebagai didikan.
Kegagalan umat Israel di masa lalu tidak menjadikan anak-anaknya lebih waspada, tetapi justru jatuh bangun di tempat yang sama yaitu tidak setia kepada Tuhan, menyembah ilah lain dan tidak taat kepada Tuhan dan perintah-perintahNya. Maka kata Tuhan “jadilah teguh, SETIA di dalam Tuhan dan firmanNya”.
  1. Beberapa nasehat akhir dari Samuel buat umatnya Israel
# Beribadahlah kepada Tuhan dengan segenap hatimu (ay. 20b)
# Jangan mencari ilah lain (ay. 21)
# Hidup dengan takut akan Tuhan (ay. 24-25), agar jalan-jalan Tuhan bisa dikenal dan dipahami oleh banyak orang dan nama Tuhan dipermuliakan (Mazmur 25 : 12-14, 34 : 10)

Inilah hidup Samuel yang luar biasa, dari sejak anak-anak hingga masa tuanya selalu dan selalu dengar-dengaran Tuhan, hidup takut akan Tuhan seumur hidupnya.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D