Tuesday, August 30, 2016

Renungan Harian Seri Yosua Pasal 7

Yosua
PASAL 7

Jujur dengan DIRI sendiri

Pasal 7 ini diawali dengan orang Israel BERUBAH SETIA, dengan mengambil barang-barang yang dikhususkan untuk Tuhan.
Harta berupa jubah sinear, syikal perak, emas batangan (ay. 21a), seringkali sebagai Penguji kesungguhan iman dan kejujuran hati kita. Karena yang paling kenal SIAPA AKU tidak lain adalah diri sendiri, Tuhan dan si pendusta.

Karena UANG manusia berubah, ia tinggalkan keluarga, sahabat / rekan bisnis bahkan anak-anaknya.
Karena UANG manusia bisa menjual iman / Tuhan Yesusnya.
Karena UANG manusia jadi kejam dan tinggalkan sisi kemanusiaannya.

Apa kata Tuhan ?
  1. Orang Israel telah berbuat dosa (ay. 11)
Mencuri / mengambil barang-barang yang dikhususkan.
Sering kita berpikir “nggak ada orang yang tau”, tetapi ia lupa diri sendiri tau, Tuhan MAHATAU, iblis tau. Kesepakatan bersama = semua jarahan dari Yerikho khusus buat Tuhan, inilah awal kegagaln dan kejatuhan karena harta.
  1. Dosa menjadikan kita TIDAK dapat bertahan menghadapi musuh (ay. 12a, 13b). Ini jadi jerat bagimu untuk sebuah keberhasilan, karena Tuhan TIDAK berkenan.
  2. Kuduskan dan SELESAIkan dengan baik (ay. 16-21)
Seluruh keluarga, harta miliknya diambil kemudian dilempari dengan batu dan dibakar habis dengan api. Disini kita belajar jujur dengan diri sendiri dan dengan Tuhan, karena Tuhan kita MAHATAU, TIDAK ADA yang tersembunyi bagiNya.

Pilihlah jujur dengan diri sendiri dan mengear Tuhan sumber segala berkat. Biarlah ketika kebutuhan mendesak, ini yang menjadi doaku “Tuhan sendengkanlah telingaMu pada permohonanku dan bersegeralah menolong aku”. Biarlah ketika hatiku galau, ini yang kami katakana “Selidikilah aku, ya Allah dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku, lihatlah apakah jalaku serong dan tuntunlah aku di jalan yang kekal”.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

1 comment:

Please kindly comment at this place :D