Monday, August 8, 2016

Renungan Harian Seri Ulangan Pasal 24

Ulangan
PASAL 24

Kasihilah sesama manusia

Beberapa tuntutan Tuhan bagi umat pilihanNya :
  1. Surat cerai (ay. 1-5)
  2. Sikap terhadap sesama manusia (ay. 6-22)

Ada kebiasaan yang kurang patut bagi sesama umat Israel di masa itu yaitu mudah memutuskan, menceraikan istrinya dengan mengeluarkan surat cerai. Tuhan merindukan anak-anakNya TIDAK dengan mudah mengucapkan kata-kata “cerai” agar kita tidak terjerat dengan ucapan kata tersebut. Disisi lain “Janji Nikah” dihadapan Tuhan dan jemaatNya = apa yang SUDAH diperSATUkan Tuhan tidak boleh dipisahkan oleh manusia, sampai maut memisahkan.

Perlakukan sesamamu dengan kasih (ay. 6-22)
Dalam kehidupan sehari-hari manusia dengan sikap dan perlakuan yang berbeda-beda Tuhan memberikan beberapa tuntunan kedepan agar umatNya yang dibentuk menjadi 1 bangsa ini memiliki etika hidup yang pantas terhadap sesama saudara.
Terhadap gadaian
# Tidak pakai batu kilangan, karena ini alat pemberat untuk menggiling gandum menjadi tepung (untuk roti), ambil kilangan sebagai gadaian berarti mematikan keluarga ini dengan tidak bisa membuat roti
Dalam konteks pinjam meminjam seperti perbankan tetapi tidak pakai (debt collector)

Terhadap kalangan bawah
Orang miskin : perlakukan mereka tetap baik entah itu karena seorang pekerja dibawahmu / menggadaikan sesuatu demi sesuap nasi (ay. 12-15)
Miliki sikap yang benar terhadap hak orang asing, anak yatim dan janda-janda (ay. 17), sebab doa sekelompok ini sangat manjur dimata Tuhan (ay. 15b)
Menculi – memperlakukan sebagai budak kemudian menjual dia maka mendapat hukuman MATI (ay. 7) dianggap termasuk tindakan criminal

Terhadap musim tuai (ay. 19-22)
Dimasa tuaian berupa “gandum, zaitun, anggur” BIASAkan menuai dengan cara SISAkan seberkat buat orang asing, anak yatim dan janda-janda.

Ingat masing-masing orang bertanggung jawab sendiri dihadapan Tuhan (ay. 16)

Semua nilai-nilai perlakuan terhadap sesama sangat bermanfaat hingga kini, sekarang tinggal seberapa berani kita mengaplikasikan bagi sesama teristimewa saudaramu, saudara seimanmu (Imamat 25)

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D