Sunday, September 6, 2020

Renungan Harian Seri 2 Samuel Pasal 11

2 Samuel
PASAL 11

Aku mengingininya

Salah satu reaksi dari jiwa kita adalah keinginan, berkehendak, kemauan, merasakan, dst. Ini semua pemberian Tuhan kepada manusia agar dapat merasakan, menikmati seluruh kebaikan Tuhan.
Saat itu Daud memiliki 5 istri yang di Hebron (2 Samuel 3 : 2-5), dan beberapa gundik di Yerusalem (2 Samuel 5 : 13-16). Lalu kemudian Daud sempat melihat perempuan yang sedang mandi dan mengingininya.

  1. Hukum ke 10 menyebutkan “Jangan mengingini rumah sesamamu, isterinya, hambanya laki-laki atau perempuan, atau lembunya, keledainya atau apapun yang dipunyai sesamamu” Keluaran 20 : 17.
Disini Daud mengingini istri Uria dan bersetubuh dengannya, ayat 4b menyebutkan sebagai kenajisan.
  1. Keinginan memiliki 2 sisi
Mengarah pada hal positif yang membangun diri dan melengkapi seseorang jadi berarti. Atau mengarah pada keinginan yang menjerat, memikat sampai jadi dosa dan melahirkan maut (Yakobus 1 : 14-15).

Hati-hati, melihat, mengingini, berusaha mendapatkan entah pakai cara apapun semuanya itu berkaitan dengan kekayaan, kenyamanan, penampilan yang wah, kekuasaan dan seksualitas.
Bukankah semua ini bisa DIBELI dengan uang, jadi mengapa HARUS menahan diri??

Daud karena mengingini kepuasan seksualitas (wanita) akhirnya bukan hanya kesalahan dosa berjinah tetapi mengarah pada pembunuhan terselubun dengan memakai tangan orang lain (Yoab) agar diri sendiri terlihat cool (ay. 6,14-15).
Dimanakah Daud yang pernah kita kenal? Yang begitu manis itu?
Ternyata semua buah roh kita BISA hilang LENYAP tanpa bekas, hanya DIKALAHKAN oleh KEINGINAN akan seks, kekayaan dan kedudukan.

Berhati-hatilah! Ayat 27, dengan TANAPA MERASA BERSALAH Daud mengabil Batsyeba menjadi istrinya, karena Daud sudah membuahi dosa maka yang menyusul adalah maut.

Diberkatilah ketika KEINGINANmu sempat tertunda, sempat terabaikan, sempat dipending oleh Tuhan dan anda didapati TETAP di jalan yang benar.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D