Tuesday, May 19, 2020

Renungan Harian Seri Hakim-Hakim Pasal 11

Hakim-hakim
PASAL 11

Yefta Pahlawan Gagah Perkasa

Mengapa di ayat 1 Tuhan menyebut Yefta seorang Pahlawan yang gagah perkasa? Apa keunggulannya dibandingkan dengan Abimelekh?

Yefta lahir dari seorang perempuan sundal, Abimelekh dari seorang gundik.
Merek berdua memiliki perangai yang mirip : pemberani, jiwa pemimpin, berawal dari perasaan tertolak, dikucilkan, jiwa pemberontakan, bertumbuh dalam lingkungan yang keras.
Yefta diangkat menjadi pemimpin umat Israel, sedangkan Abimelekh mengangkat dirinya sendiri menjadi pemimpin dengan membunuh 70 saudaranya.
Yefta memulai kariernya bersama Tuhan (ay. 11b), sedangkan Abimelekh bermula jadi orang kuat dalam pandangan manusia. Inilah yang membuat perbedaan yang besar dan Tuhan menyebut Yefta sebagai Pahlawan yang Gagah Perkasa!

Kita belajar dari Yefta,
  1. Setiap orang pasti memiliki masa lalu tersendiri (ay. 1-3). Tetapi pengenalan akan Tuhan dan kesungguhan hatinya untuk berpatu dan mengandalkan Tuhan itu nyata (ay. 9,11b).
Tuhan mengenalmu sejak dari kandungan, bayi, hingga saat ini. Bagi Tuhan “masa lalu” TIDAK pernah diperhitungkan, tetapi disaat anda membuka hatimu kepadaNya “itulah awal dari segalanya”. Anda akan menjadi pribadi yang baru dan sempurna di mataNya.
  1. Yefta mengenal Tuhan SAMA seperti ia mengenal sejarah umat Israel (cermat, teliti, tahu dengan pasti) – ay. 12-27. Bagi Yefta kemenangan Israel dengan segala warisan tanah adalah Karya Tuhan Allah sepenuhNya.
Ini adalah sebuah nilai + dimata Tuhan, apa lagi Yefta membandingkan Tuhan sebagai Pemenangan dengan allah kamos bani Amon (ay. 24). Bangga kepada Tuhan Allah kita sebagai pemenang!
  1. Yefta seorang yang menepati nazarNya kepada Tuhan AllahNya (ay. 30-31) meskipun ia HANYA memiliki anak tunggal perempuan saja. Hal ini sungguh luar biasa (ay. 34-39)

Inilah jiwa satria Yefta
Inilah hati seorang pria yang berpadanan kata dan perbuatannya
Inilah seorang pemimpin yang perkasa baik di lapangan (diladang) dan dirumah (dikeluarga)

God bless you!

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D