Sunday, May 17, 2020

Renungan Harian Seri Hakim-Hakim Pasal 10

Hakim-hakim
PASAL 10

Dimanakah anda hari ini?

Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang biasa, tetapi bagi Tuhan pertanyaan ini spesial karena ketika Adam jatuh dalam dosa, pertanyaan ini yang muncul dari Tuhan “Dimanakah engkau (Adam)?” – Kejadian 3 : 9
Inilah pohon kehidupanmu, apakah masih melekat pada pokok anggur yang benar atau melekat pada pekerjaan, uang, hartamu, wanita atau kedudukan dan kekuasaan?

Kepada Tola (ay. 1-2) dan Yair (ay. 3-5) jelas dikatakan “mereka menyelamatkan orang Israel 23 tahun dan 22 tahun lamanya.

Inilah posisi umat Israel saat itu, beribadah kepada baal, asytoret, kepada allah orang Aram, Sidon, Moab, Amon, Filistin (5 kerajaan yang ada saat itu) dan Tuhan ditinggalkan oleh mereka.
Inilah pohon kehidupan umat Israel, jauh meninggalkan Tuhan.

Dan kemudian Tuhan Allah lakukan dalam tahun itu jugal orang Israel DITINDAS dan DIINJAK mereka 18 tahun lamanya. Tuhan tinggalkan dan membuang mereka (ay. 11-14)

Kenali Tuhan Allahmu dengan benar dan tetap teguh padaNya, kata Yesus kepadamu:
·         Akulah jalan dan kebenaran dan hidup
Jika hari ini anda TIDAK ada jalan keluar atau solusi maka ingatlah Yesus itu solusimu, jalan bagimu. Jika pohon kehidupanmu sudah kering, layu terkulai ingat Yesus, Dialah sumber kehidupanu, melekatlah kepadaNya dan pasti anda akan dipulihkan.
·         Akulah terang dunia (Yohanes 8 : 12)
Jika hari ini anda ada didalam kegagalan, keputusasaan, kegelapan, kekecewaan ingatlah Yesus adalah TERANG yang menerangi hatimu, yang menerangi pikiranmu yang kalut, yang menerangi jiwamu yang hopeless dan membawamu terbuka dan keluar dari semua situasimu.
·         Akulah kebangkita n dan hidup (Yohanes 11 : 25)
Jika anda seda dirudung berbagai penyakit dan diambang kematian karena vonis dokter, ingatlah Yesus adalah Sumber Kehidupanmu! Dia yang mampu menyingkirkan segala penderitaan oleh karena sakit. Ia yang menggantikan semua sakit penyakitmu, Ia yang sudah menang dari kematian menuju kebangkitan. Pastinya oleh bilur-bilurNya anda menjadi sembuh.
·         Jangan takut, Akulah yang awal dan yang akhir (Wahyu 1 :17b)
Jika anda sedang dalam kekuatiran, kebimbangan, kecemasan ingatlah Yesus berkata “Jangan takut” Dialah tempat perlindungan kita yang paling teguh, Yesuslah AWAL dari segala sesuatu dan akhir dari semua yang ada. Yang pasti Yesus bisa diandalkan, bisa disandari, bisa didekati, bisa disapa setiap waktu. Bisa diajak tukar pikiran dalam segala keadaan. Yang pasti Yesus itu SEMPURNA.

“Jangan sekali kali meninggalkanNya, jangan sekali kali melupakanNya,
jangan sekali kali menggantikanNya dengan apapun”

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D