Saturday, May 9, 2020

Renungan Harian Seri Hakim-Hakim Pasal 6

Hakim-hakim
PASAL 6

Gideon dan Pernyataan Tuhan

Untuk kedua kalinya firman berkata “Tuhan menyerahkan mereka ke dalam tangan Orang Midian 7 tahun lamanya”, dan orang-orang Israel menjadi sangat melarat

Beberapa pernyataan Tuhan atas umatNya :
Akulah Tuhan Allahmu yang menuntunmu keluar dari tanah perbudakan Mesir
(ay. 8-9)
Janganlah menyembah allah orang Amori, tetapi kamu TIDAK mendengarkan firmanKu (ay. 10)
Kamu MENOLAK, TIDAK percaya, TIDAK menghiraukan dan menentang Tuhan!

Jika ajakan dan tawaran Tuhan TIDAK diterima, seruan untuk berubah TIDAK didengarkan, maka satu-satunya solusi terbaik adalah diserahkan pada bangsa lain untuk ditindas dengan sangat keras (Baca Ulangan 28 : 50-52, 65-66)

  1. Seruan Israel (ay. 6b) membuahkan tindakan Tuhan terhadap Gideon yang muda, dan Tuhan tidak memandang hina setiap seruan anak-anakNya. Tuhan menyendengkan telingaNya untuk menjawab setiap seruanmu. Tuhan memberikan dukungan dan harapan buat setiap teriakan anak-anakNya.
  2. Tuhan mengutus orang-orang pilihanNya (ay. 14b) untuk maksud dan rencanaNya yang mulia.
Sebuah panggilan dan pengutusan merupakan 1 paket yang mulia. Dimana Tuhan sebagai pencipta langit dan bumi meresponimu menjadi Wali Tuhan dalam bertindak secara manusia. Dalam kenyataan yang ada, banyak anak-anakNya justru merasa malu, hina kalau menjadi hamba-hambaNya atau sebagai alatNya Tuhan.
  1. Minta tanda dari Tuhan TIDAK salah tetapi itulah cermin dari imanmu.
Tuhan kita adalah sang PENCIPTA. Dari tidak ada menjadi ada, dari ada sampai lenyap, kosong, mati. Dari dulu sampai sekarang, sampai selama-lamanya. Dari kekal sampai kekal, tidak terbatas. Tetapi anda minta tanda sekecil embun pagi dll (ay. 17-21, 37-40). Hal ini membuktikan IMAN yang dangkal, iman pemula, iman yang harus ada bukti, dan Tuhan menghargaimu.

“Bertumbuhlah dalam pengenalanmu, berakarlah dalam kebenaranNya, berbuah lebat bagi kerajaanNya”

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D