Thursday, September 15, 2016

Renungan Harian Seri Yosua Pasal 14

Yosua
PASAL 14

Kaleb bin Yefune

Pembagian tanah Kanaan sesuai dengan perintah Tuhan melalui Musa yaitu
# Imam Eleazar
# Yosua
# Kepala Kaum Keluarga dari 9 suku

Kaleb bin Yefune adalah salah 1 dari 12 pengintai yang diutus ke Kanaan di jama Musa (Bilangan 13)

Mari kita lihat apa keunggulan seorang bernama Kaleb bin Yefune ini :
  • Pembawa kabar sejujur-jujurnya, bukan membuat tawar hati orang-orang Israel. Karakter jujur untuk masa kini sepertinya semakin sulit didapatkan, bahkan jujur dianggap sebagai kebodohan / bego.
  • Kaleb merupakan sosok pribadi yang SETIA mengikuti Tuhan dengan SEPENUH hati (ay. 8b, 9b, 14b), 3x disebut Kaleb mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati. Ini dibuktikan sejak muda bersama-sama Yosua hingga kini bisa memasuki Tanah Perjanjian.
  • Kaleb menanti 45 tahun untuk mendapatkan Tanah Warisan yang dijanjikan Tuhan (sejak di Pegunungan Hebron, ay. 12-13). 45 tahun bukanlah waktu yang singkat tetapi Kaleb membuktikan bahwa MENANTIKAN Janji Tuhan dengan sepenuh hati.
  • Kaleb bin Yefune merupakan contoh pahlawan iman, dari muda hingga tua “KEKUATANnya di dalam Tuhan” TIDAK tergoncangkan. Ia kuat dalam penglihatan, kuat dalam imannya dan kuat untuk keluar berperang!

Meskipun kisah Kaleb bin Yefune ini TIDAK setenar Yosua tetapi Kaleb dicatat sebagai orang yang SEPENUH hati mengikuti Tuhan Allahnya (Bilangan 13 : 30, 14 : 6-9), Ia boleh menikmati aman dalam sisa hidupnya (ay. 24).

Diberkatilah orang-orang yang SETIA
Diberkatilah orang-orang yang sepenuh hati mengiring Tuhan
Diberkatilah anda dan saya sebagai pelaku-pelaku firmanNya

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D