Monday, September 12, 2016

Renungan Harian Seri Yosua Pasal 13

Yosua
PASAL 13

Perjuangan TIDAK ada batasnya

Manusia bisa terbatas dengan usia, kekuatan fisik, kemampuan individu, dll. Tetapi Tuhan kita tidak terbatas oleh generasi, cara yang berbeda, keadaan serba terbatas, Tuhan TETAP lanjutkan semua karyaNya dengan orang-orang pilihanNya.

Arahan Tuhan kepada Yosua :
# Negeri ini masih amat banyak yang belum diduduki
# Undilah dahulu negeri ini diantara orang Israel menjadi Milik Pusaka mereka (9 suku lainnya)

Tuhan kita itu adalah pembuat sejarah di setiap negara / kerajaan.
Apa yang Musa tetapkan (ay. 8 = Bilangan 32 : 33-42) bagi Tuhan itu TETAP berlaku yaitu 3 suku yang sudah dapat milik pusaka. Orang-orang Ruben (ay. 15-23), orang-orang Gad (ay. 24-28), orang-orang Manasye (ay. 29-31).

Bagi manusia setelah ia meninggal, itu berarti seluruhnya berakhir, tetapi dalam kerajaanNya semua TETAP berlangsung, tidak ada yang terlewati.

Yosua tidak memiliki “abdi muda” seperti Musa memuridkan dirinya.
Seorang pemimpin HARUS bisa melahirkan pemimpin.
# Elia memiliki abdi Eliza
# Yesus memiliki 12 MURID
# Paulus memuridkan Timotius
Semangat dan daya juang Yosua TIDAK dimiliki oleh generasi berikutnya dari 11 suku Israel, yang ada saat itu. Ay. 13 orang Israel TIDAK menghalau orang-orang Kanaan, mereka masih tetap DIAM di tengah-tengah Irael sampai sekarang”.

DAYA juang yang Tuhan harapkan guna merebut seluruh daerah teritorial negeri Kanaan ini terhambat karena TIDAK ada SDM yang memadai, jadi terhenti disini. Sungguh sangat disayangkan.

JADI sesungguhnya semangat perjuangan HARUS diWARISkan, harus diAJARkan kepada generasi selanjutnya / anak-anak kita. Karena karya Tuhan tetap berlangsung, rancangan Tuhan tetap dinanti-nantikan oleh semua ciptaan Tuhan. Jadilah pribadi-pribadi yang saling menguatkan dan saling menopang.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D