Wednesday, September 7, 2016

Renungan Harian Seri Yosua Pasal 11

Yosua
PASAL 11

Yosua MEREBUT SEMUA Tanah Kanaan

Beberapa kerajaan yang bergabung dengan tawaran raja Yabin :
Kerajaan-kerajaan di Utara, di pegunungan, timur dan barat (ay. 1-3)
Kelompok sekutu dengan tentara yang sangat banyak seperti pasir di tepi pantai, kuda dan keretanya (ini tidak main-main) semua sepakat memerangi orang Israel (ay. 5)

Arahan Tuhan pada Yosua :
“Janganlah takut menghadapi mereka, sebab besok kira-kira waktu ini Aku – Tuhan menyerahkan mereka mati terbunuh SEMUAnya, kuda mereka haruslah kamu lumpuhkan, kereta mereka haruslah kamu bakar dengan api”

Pelajaran yang kita dapat :
Yosua bertindak langsung SETELAH dapat arahan Tuhan (ay. 7), Tuhan serahkan mereka pada orang Israel (ay. 8). Hasil akhir “semua ditumpas, dipunahkan dari semua yang bernafas” (ay. 9,11,14)

Belajar dari Yosua
Apa yang diperintahkan Tuhan dan Musa (pemimpin rohani yang sudah pergi) baca ay. 12 dan 15 “TIDAK ada sesuatu yang diabaikan dari segala yang diperintahkan Tuhan kepada Musa”. Inilah teladan Yosua yang luar biasa.

Kemenangan-kemenangan Yosua sebagai pahlawan perang dan pahlawan iman (ay. 16-17). Yosua habiskan sisa hidupnya dengan merebut daerah territorial yang Tuhan berikan pada umat Israel (ay. 18). Yosua dapatkan semua tanah Kanaan dengan berperang tanpa ikatan persahabatan dan tanpa belas kasihan – ditumpas mereka dan kota-kotanya.

Yosua memberikan negeri itu kepada orang Israel menjadi milik pusaka mereka. Didapati dengan penuh perjuangan tetapi Yosua rela BERIkan menurut penetapan Tuhan lewat Musa (ay. 23). KETAATAN Yosua pada firman dan arahan TUhan 100% dengan tanpa bertanya lagi.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D