Monday, September 5, 2016

Renungan Harian Seri Yosua Pasal 10

Yosua
PASAL 10

Yosua MEREBUT bagian selatan Kanaan

Ada 5 raja-raja selatan Kanaan
  1. Kerajaan Yerusalem
  2. Kerajaan Hebron
  3. Kerajaan Yarmut
  4. Kerajaan Lakhis
  5. Kerajaan Eglon + Gibeon

Arahan Tuhan (ay. 8) berfirmanlah Tuhan kepada Yosua : “Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyerahkan mereka kepadamu. Tidak seorangpun dari mereka yang dapat bertahan menghadapi engkau”

Di Pasal 10, Tuhan tidak pakai strategi perang tetapi langsung bergerak bersama-sama Yosua
# Tuhan mengacaukan mereka (ay. 10)
# Tuhan melempari mereka dengan batu-batu yang besar dari langit (sungguh dahsyat bukan?)
Tuhan AHLI nya strategi, jadi jangan pakai sistem coba-coba dengan Tuhan karena akan rugi besar! Sebaliknya percaya dan berserah penuh padaNya.

Tuhan menghargai pandangan dan usaha manusia. Di ay. 12-13 Yosua meminta mujizat Tuhan dalam waktu pertempuran melawan 5 raja selatan. “Belum pernah ada hari seperti itu, baik hari ini, kemudian Tuhan mendengarkan permohonan seorang manusia secara demiian” Ternyata ALASANnya menunjukkan ‘yang berperang untuk orang Israel adalah TUHAN’.
Apa yang jadi urusan Israel juga menjadi urusan Tuhan – ini dia rahasianya.

Bagaimana membuat Tuhan senantiasa mendengarkan permohonan kita, TIDAK lain jika itu berkenaan dengan kerajaanNya “keselamatan jiwa-jiwa, nama Yesus dan Bapa di surga, berkenaan dengan Amanat Agung.
Yosua meraih kemenangan total (ay. 40-42) dari Kasedh Barnea ke Gaza, seluruh tanah Gosyen ke Gibeon karena yang berperang Tuhan sendiri.

Jadikan Tuhan pusat segala planningmu, libatkan Tuhan dalam setiap rancanganmu, yang kami tau akhiri semua dengan gilang gemilang!

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

1 comment:

  1. Wowwww...bila Tuhan sudah turun tangan siapa berani melawan? Dikatanakn dalam ayat 14 there has never been a day like it before or since, a day when The Lord listened to a man.
    Tuhan kita luar biasa dan hanya bersama dengan DIALAH semuanya possible! Kiranya Tuhan selalu memperkayakan kita dengna iman seperti Yosua dan selalu bawa rencana2 kita kepada Tuhan. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

    ReplyDelete

Please kindly comment at this place :D