Tuesday, August 11, 2020

Renungan Harian Seri 1 Samuel Pasal 29

1 Samuel
PASAL 29

Akhis dan Daud – Kawan atau Lawan

Selama Daud di Ziklag, bergabung dengan Raja Akhis 1,5 tahun, mereka memiliki hubungan yang baik. Kali ini Raja Akhis berkata “bersiaplah untuk maju perang, kamu dan orang-orangmu bergabung” dan Daud diangkat menjadi pengawal raja selama-lamanya (Pasal 28 : 1-2).

  1. Kepribadian Daud yang menarik hati Raja Akhis
Raja Akhis menghargai Tuhannya Daud (ay. 6a,9a)
Orang yang mencintai kesucian hati (integritas) dan yang manis bicaranya menjadi sahabat raja (Amsal 22 : 11)
  1. Raja-raja orang Filistin adalah musuh bangsa Israel, berarti musuh bagi Daud.
Dalam kondisi yang serba sulit, Daud hanya berpikir inilah jalan yang terbaik, tetapi apa yang baik menurut manusia belum tentu baik bagi Tuhan.
Musuh / lawan dalam medan perang harus dibunuh! Siapa yang melawan umatNya berarti melawan Tuhan dan itu berarti lawan bukan kawan.
  1. Daud pergi, berpisah dengan Raja Akhis (ay. 10-11).

Inilah isi hati Tuhan :
Sebab Aku mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, racangan damai sejahtera dan BUKAN rancangan kecelakaan. UNTUK memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
Apabila kamu berseru (berdoa) Aku akan mendengarkan kamu;
Apabila kamu mencari Aku (Tuhan), maka kamu akan menemukan Aku;
Apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku (Tuhan) akan memberi kamu menemukan Aku.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D