Thursday, August 27, 2020

Renungan Harian Seri 2 Samuel Pasal 6

2 Samuel
PASAL 6

Tabuat Allah dan Daud

Awal dari kepemimpinan Daud didalam Kerajaan Israel :
  1. Mengumpulkan 30.000 orang-orang pilihan atas orang-orang Israel
  2. Daud MAU mengangkut Tabut Allah masuk ke kota Daud

Dari sinilah kita mengetahui, Daud adalah Raja yang mengasihi Tuhan, yang mengutamakan Tuhan diatas yang lainnya. Di awal pemerintahan Daud, ia sudah memikirkan tabut Allah (yang disebut sebagai Tuhan semesta alam yang bertakhta diatas Kerubin). Daud menjadi figure yang baik atas umat Israel yaitu “Mengasihi Tuhan Allah dengan SEGENAP hatinya.

Tuhan tidak berkenan pelayanan yang TANPA persiapan.
Kuncinya ada di ayat 7. Keteledoran mengandung unsur meremehkan, merendahkan, menganggap enteng.
# Seberapa anda menghargai sebuah pelayanan yang Tuhan percayakan kepadamu? Pemain musik, singer, usher dll?
# Siapa yang anda layani?
Uza dan Ahyo mengantarkan kereta itu dihadapan Raja Daud, tetapi ia lupa bahwa Tuhan semesta alam bertakhta diatas Kerubin.
# Hukuman mati atas Uza ini mengingatkan kita tentang arti sebuah pelayanan, yaitu Anugerah Tuhan. Hargailah setiap kali anda melayani Raja segala raja.

SebabTuhan memberikan kepadamu BUKAN roh ketakutan, melainkan roh yang MEMBANGKITKAN kekuatan, kasih dan ketertiban (2 Timotius 1 : 7).
Daud disini menjadi marah, takut kemudian bertindak menyimpang ke rumah Obed Edom (ay. 8-10), dan tabut Allah ditinggalkannya 3 bulan lamanya.
Hati-hati ketakutan bisa membawamu jadi menyimpang, melalauikan, melupakan, meninggalkan Tuhan.

Daud menyiapkan hati untuk membawa kembali Tabut Allah masuk kota Daud (ay. 12b, 15,17,19). Maka diberkatlah orang yang menghormati dan mengutamakan Tuhan, bahkan semua yang dilakukan Daud diterima Tuhan. Sedangkan siapa menghina sesamanya (Mikhal menghina Daud – ay. 16,20) berbuat dosa. Mikhal sampai akhir hidupnya TIDAK dikaruniai anak oleh Tuhan.

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D