Monday, August 17, 2020

Renungan Harian Seri 2 Samuel Pasal 1

2 Samuel
PASAL 1

Pembagian Kitab 2 Samuel
  1. Kemenganan-kemenangan Daud (1-10)
  2. Masalah-masalah Daud (11-20)
  3. Kisah lain mengenai Daud (21-24)

Daud berdukacita atas Saul dan Yonatan

Seperti yang telah dibaca pada kitab sebelumnya, Daud lebih RELA menderita dikejar-kejar Saul daripada membunuh orang yang diurapi Tuhan (I Samuel 24 & 26).

  1. Daud menyebut inilah pahlawan-pahlawan bangsa Israel (Saul dan Yonatan), ay. 19,25. Penghargaan bagi Raja pertama bangsa Israel.
  2. Daud mencerminkan jiwa kesatria sebagai orang pertama di Israel saat itu. Pada ayat 23, selalu mengingat kebaikan-kebaikan seseorang dan mengeksploitasi keunggulan-keunggulan pribadinya.
  3. Daud mengagumi kasih Yonatan melebihi cinta seorang wanita (ay. 26-27)

Pelajaran yang kita dapat dari 1 pasal pertama di Kitab 2 Samuel,
Mata Raja melampaui perlakuanmu (Amsal 20 : 8). Jika anda menyukai jalan yang berbelit-belit, maka buanglah jauh-jauh dihadapan Raja (segala raja) – ay. 3-10.
Hati Raja seperti batang air di dalam tangan Tuhan, dialirkanNya kemana Ia ingini (Amsal 21 : 1). Kenali dengan benar hati Rajamu, terlebih hati Tuhan kita Yesus Kristus. Maka berkat Tuhan / hukumanNya mengalir sesuai dengan perkenananNya atau kekejianmu – ay. 13-16.
Kemuliaan Tuhan Allah = MERAHASIAKAN sesuatu, kemuliaan raja-raja = menyelidiki sesuatu dan hati Raja TIDAK terduga (Amsal 25 : 2-3).

“Orang yang sesat adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi dengan orang jujur IA bergaul erat”

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D