Friday, January 1, 2016

Renungan Harian Seri Kejadian Pasal 40

Kejadian
PASAL 40

Selamat Tahun Baru 2016!
Mari memulai hari yang baru di tahun yang baru dengan menyediakan waktu untuk bersekutu dengan Allah, membaca FirmanNya dan merenungkannya bagi kehidupan kita.

Yusuf ada di dalam penjara, ia ditahan di rumah kepala pengawal raja dan ada 2 orang penting yaitu juru masak dan juru minum yang masuk tahanan bersama Yusuf.
Disini kita belajar TIDAK BERORIENTASI PADA DIRI SENDIRI. Ketika semua berjalan lancar, menyenangkan, maka mudah bagi kita untuk menolong orang lain dan memberkati sesama. Namun ketika berada dalam kesesakan, penderitaan, dalam penjara, apakah anda dan saya masih bisa memperhatikan orang-orang disekeliling kita? 
Yang mungkin membutuhkan kita? 
Ini bukanlah hal yang mudah. 
Ini butuh perjuangan melawan kedagingan kita.

-> Yusuf memilih TIDAK mau hanya memperhatikan diri sendiri, tetapi ia keluar dari ketidakberdayaan dirinya dan berperan positif.
-> Ia berbagi kasih dengan 2 pembesar itu “Mengapakah hari ini mukamu semuram itu?” “Ceritakanlah kiranya mimpimu itu kepadaku, bukanlah Allah yang menerangkan arti mimpi ini?”

Bisakah anda dan saya belajar tidak berorientasi pada diri sendiri, di tengah-tengah situasi dan kondisi yang tidak mendukung?
Kita juga belajar dari Yusuf yang memberi nilai-nilai pengharapan dengan menjelaskan arti mimpi dari juru masak dan juru minum dengan jujur, murni dan benar. Kemudian hal itu pun terjadi tepat seperti yang dikatakan oleh Yusuf.

-> Pernahkah anda berpikir Tuhan akan memakai setiap perkataan yang diucapkan lewat mulut bibirmu?
-> Tahukah anda, Tuhan sedang siapkan kita menjadi saluran berkat bagi orang-orang yang Tuhan ijinkan bertemu dengan kita? Entah teman sekolah, kuliah, keluarga besar, rekan kerja dan seprofesi dengan kita.

Maukah anda dan saya belajar untuk selalu tidak berorientasi pada diri sendiri, tetapi memberi nilai-nilai pengharapan kedepan bagi orang-orang disekeliling kita?
Jesus love you!

Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D