Friday, January 15, 2016

Renungan Harian Seri Keluaran Pasal 19

Keluaran
PASAL 19

PELETAKAN DASAR 1

Waktu adalah bukti terbaik sebuah kesetiaan, sebuah pengabdian, sebuah ketaatan, sebuah kerelaan.

3 bulan setelah keluar dari Mesih, SUDAH membuktikan bahwa manusia TIDAK tahan apabila tidak ada minum (Mara & Rafidin), dan tidak ada makanan (manna) karena hal ini merupakan sebuah kebutuhan dasar manusia, Tuhan memakluminya dan memenuhi.

Perintah Tuhan selalu diawali dengan berkat dan perjanjianNya (ay. 4-5)
Jika kamu sungguh-sungguh (ada usaha yang serius, HARUS ada kesungguhan) menDENGARkan firmanKu dan berPEGANG pada PerjanjianKu
Maka kamu akan menjadi Harta kesayanganKu sendiri dan
Menjadi Kerajaan IMAM, Bangsa yang kudus

Dan Tuhan pun memberikan batasan-batasan bagi orang Israel :
  • Menguduskan diri 2 hari, kemudain di hari ke 3 bertemu dengan Tuhan (mencuci pakaian = jubah kehidupanmua, pola hidup yang asal-asalan, hidup seksualitasmu?), lalu bagaimana dengan kita ketika hendak beribadah kepada Tuhan?
  • Ya dan TIDAK BOLEH benar-benar ditekankan pada ayat 12-13 (tingkat disiplin diri yang tinggi) tanpa memandang siapa dirinya. Ini merupakan awal Tuhan meletakkan dasar pada Bangsa Israel, demikian juga pendidikan dengan anak-anak di rumah, letakkan dasar disiplin diri sedini mungkin karena hal ini akan membantunya di kemudian hari.
  • Ada cara-cara dan tanda-tanda Tuhan hadir di tengah-tengah umatNya. Disini Tuhan mengangkat Musa melebihi siapapun. Musa merupakan PEMIMPINmu yang Tuhan Allah pilih sendiri diluar usaha manusia. Agar umat Israel bisa tunduk dan menghormati pemimpin.

Bagaimana dengan anda hari ini?
Ketika kita pertama kali percaya Tuhan disitulah awal Tuhan meletakkan dasar dalam hidupmu, tetapi lamanya menjadi orang Kristen TIDAK menjamin anda sudah lulus dalam hal ini.

“Jadi pastikan hari ini anda sudah memiliki Disiplin Diri yang baik”


Renungan Alkitab per pasal Kejadian-Wahyu by. Irene Yossica

No comments:

Post a Comment

Please kindly comment at this place :D